prihatin sama pendidikan di indonesia


Dengan kondisi yang telah kita kihat saat ini, pendidikan di Indonesia sangat terasa terpojokkan oleh pemerintah dan bukan prioritas utama dalam visi & misi pemerintah, padahal sejatinya pendidikan adalah tonggak kemajuan sebuah negeri॥

Majunya sebuah negara dilihat dari pendidikan rakyat negara tersebut॥!!

Lihatlah yang dilakukan pemerintah jepang pada saat mereka hampir hancur saat diserbu pasukan sekutu, tetapi mereka segera mengumpulkan segenap kekuatan yang tersisa,yang pertama nereka lakukan adalah mengumpulkan dan mencari guru yang masih hidup...bukan memikirkan siapa yang memimpin jepang selanjutnya setelah sang kaisar bunuh diri॥
Menurut hemat saya ada beberapa faktor yang membuat negeri ini tertinggal :

1. Pemerintah tidak menjadikan pendidikan sebagai prioritas utama, walaupun secara tertulis pemerintah telah mencantumkannya, tapi dalam pelaksanaannya masih kurang...contoh dibeberapa wilayah indonesia, baru jakarta yang menganggarkan dana 12 % dari 20 % yang dijanjikan, wilayah lain bahkan lebih kecil dari situ॥Bagaimana kita bisa menang ??

2. Kurangnya mutu para pendidik, baik dari segi kwalitas pengajaran ( akademik ) maupun dari segi kwalitas kerjanya (mengajar)।Selain itu gaji para guru sangat relatif kecil, yang mengakibatkan mereka mengajar di beberapa tempat lain, bagaimana mungkin sempat memikirkan materi apa yang akan diajarkan untuk besok kepada anak didik sehingga guru dikenal dengan sebutan P11 (pergi pagi pulang petang, pendapatan pas-pasan, potong pajak penuh penderitaan.........)

3. Fasilitas tidak mendukung, di beberapa daerah dui indonesia bahkan tidak mengenal yang namanya computer, apalagi internet(dunia maya), kasihan ya negeri kita.!

0 komentar:

Posting Komentar

tempat pemungutan saran (tps)