Metode Pengajaran yang baik


Dalam pengajaran suatu bahan pelajaran maka guru sebagai pembimbing, pengasuh dan petunjuk jalan untuk mencapai hasil belajar yang diharapkan, harus berusaha seoptimal mungkin untuk mencapai dan memelihara situasi dalam belajar mengajar yang baik sehingga siswa memperoleh hasil sesuai yang diinginkan
Dalam hal ini guru harus mengetahui komponen-komponen apa saja yang harus diperhatikan di dalam proses belajar mengajar. Sebagaimana yang dikemukakan oleh syarat-syarat metode mengajar antara lain :

- Membangkitkan motivasi, minat atau gairah belajar siswa.
- Memberi kesempatan bagi ekspresi yang kreatif dari kepribadian murid.
- Merangsang murid dalam teknik belajar sendiri cara memperoleh pengetahuan melalui usaha sendiri.
- Mendidik murid dalam teknik belajar sendiri cara memperoleh pengetahuan melalui usaha sendiri.
- Meniadakan pengajaran bersifat verbalitas dan menggantikannya dengan pengalaman atau situasi yang nyata.
- Menanamkan dan mengembangkan nilai-nilai dan sikap utama yang diharapkan dalam kebiasaan cara bekerja yang baik dalam kehidupan sehari-hari

"Pendapat senada juga disampaikan oleh Winarno Surahmad dalam bukunya Metodologi Pengajaran Nasional, "Metode adalah cara yang di dalam fungsinya merupakan alat untuk mencapai tujuan। Makin baik metode itu makin efektif pula pencapaian tujuan. Untuk menetapkan baik buruknya metode dilihat dari faktor utamanya yaitu tujuan yang ingin dicapai." (Winarno.S, 1996 : 75).

Metode mengajar adalah "Cara yang dipergunakan guru dalam mengadakan hubungan dengan siswa pada saat berlangsungnya pengajaran।" (Nana Sudjana, 1991 : 76).

"Metode merupakan cara atau jalan yang harus ditempuh untuk mencapai suatu tujuan tertentu, dalam belajar metode digunakan dengan tujuan mendapatkan pengetahuan, kecakapan dan keterampilan. Cara-cara yang dipakai itu akan jadi kebiasaan."(Slameto, 1987 : Memang, untuk mencapai tujuan harus diusahakan secara maksimal agar apa yang ingin dicapai memiliki nilai yang bagus. Apalagi dalam usaha mendidik siswa, seorang guru harus pintar dan rasional. Gurulah yang berperan sebagai motivator dituntut dapat memberikan bentangan jalan yang luas bagi siswa untuk mampu belajar secara mandiri. Bentangan jalan yang luas itu dapat diberikan melalui penggunaan metode-metode mengajar yang sesuai.

"Suatu persoalan, bagaimana kita harus memilih metode-metode itu pada waktu mengajar. Hal ini tergantung kepada apa tujuan kita mengajar, bahan apa yang akan diajarkan, siapa murid yang kita ajar serta fasilitas apa yang dipergunakan. Namun demikian dalam suatu peristiwa mengajar, ada salah satu metode utama yang digunakan." (Engkoswara, 1984 :

Kutipan di atas merupakan prasyarat yang dapat dijadikan pedoman oleh guru, sehingga guru mendapat suatu cara yang efektif dalam mendidik siswa. Guru juga harus berusaha membeda-bedakan kegunaan suatu metode sehingga guru tersebut jauh dari kemiskinan penguasaan metode mengajar.

0 komentar:

Posting Komentar

tempat pemungutan saran (tps)